Senin, 03 Oktober 2016

Mustajabnya Berdoa Ketika Hujan

Sebagian dari kita mengeluh ketika hujan turun. Ada yang mengeluh urusan pekerjaannya terganggu, jadwal meeting dengan karib kerabat yang tertunda, sampai hal yang sepele seperti jemuran yang tak kunjung kering karena hujan. Dengan mudahnya kita menyalahkan hujan. Padahal waktu ketika hujan turun adalah kesempatan emas bagi kita untuk berdoa. Waktu tersebut merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa.

Dari Sahl bin Sa’d, Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

“Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan. (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shohihul Jaami’ no. 3078)

Diantara sunnah yang diajarkan Rasulullah hallallahu ’alaihi wa sallam ketika hujan turun adalah membaca doa,

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Allahumma shoyyiban naafi’aan..
(Yang artinya "Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat"). (HR. Bukhari no. 1032, Ahmad no. 24190, dan An Nasai no. 1523)

Semoga dengan turunnya hujan membuat kita semakin bersyukur, bukan malah mengeluh. Manfaatkan waktu turunnya hujan untuk memperbanyak istighfar, dan berdoa memohon segala hajat baik tentang urusan dunia maupun akhirat. Jangan sia-siakan kesempatan untuk mendoakan kedua orang tua, istri, anak, saudara, dan kaum muslimin yang mana mungkin kehidupan lahir mereka tidak sebaik kita.

Semoga kita senantiasa ditetapkan iman sehingga berada di jalan yang lurus, yaitu jalan yang diridloi-Nya..

Selesai di tulis di Malang, pada 3 Oktober 2016
oleh Supriyono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jazakumullah khoir