Selasa, 14 Juni 2016

Kalimat yang Ringan di Lisan, Berat di Timbangan

Hampir semua orang pastilah bersemangat mencoba suatu tips kiat untuk sukses. Baik itu tips-tips punya rumah idaman dengan modal pas-pasan, atau tips-tips agar karirnya melejit, dan masih banyak lagi. Rosulullah shalallahu 'alaihi wa sallam juga memberikan tips agar kelak timbangan amal baik kita menjadi berat dengan melakukan amalan yang ringan, sehingga mudahlah jalan kita menuju surga. Oleh karena itu sudah sangat pantaslah seorang muslim bersemangat dalam mengamalkannya, karena amalan ini dicintai Allah subhanahu wa ta'ala, dan bisa menjadi sarana memudahkan bagi yang mengamalkannya untuk menuju surga.

Dari Abu Hurairah, dari Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,


كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ، ثَقِيلَتَانِ فِى الْمِيزَانِ ، حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ ، سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

“Dua kalimat yang ringan di lisan, namun berat ditimbangan, dan disukai Ar Rahman yaitu “Subhanallah wa bi hamdih, subhanallahil ‘azhim” (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Agung).
(HR. Bukhari no. 6682 dan Muslim no. 2694)

Mengucapkan dzikir Subhanallah wa bi hamdih, subhanallahil ‘azhim..

Dzikir “Subhanallah”, artinya Maha Suci Allah, maksudnya adalah mensucikan Allah dari berbagai macam kekurangan yang ada pada-NYa. Dzikir “wa bihamdih”, artinya segala puji bagi Allah, artinya kita memuji Allah karena Dialah yang pantas mendapatkan pujian dan sanjungan disebabkan nama dan sifat-Nya yang sempurna. Dzikir “al ‘azhim”, maksudnya Yang Maha Agung.

Itulah dzikir yang mulia yang diajarkan Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada kita. Amalan yang ringan di lisan, berat di timbangan pada hari perhitungan, dan tentu saja dicintai Allah subhanahu wa ta'ala.

Semoga kita diberi kemampuan untuk mengamalkannya...

Selesai ditulis di Jombang , pada 14 Juni 2016
oleh Supriyono
Merujuk dari kitab Syarah Riyadush Shalihin jilid 4 , bab Keutamaan Dzikir dan Anjuran Mengerjakannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jazakumullah khoir