Rabu, 04 April 2012

Keutamaan Doa Seorang Ibu


Do'a orang tua pada anak adalah do'a yang amat ampuh. Baik do'a ortu tersebut adalah do'a kebaikan atau do'a kejelekan. Di antara buktinya adalah kisah ulama besar hadits yang sudah ma'ruf di tengah-tengah kaum muslimin, Imam Bukhari rahimahullah

Imam Abu ‘Abdillah, Muhammad bin Isma’il al-Bukhary dinilai sebagai Amirul Mukminin dalam hadits, tidak ada seorang ulama pun yang menentang pendapat ini.

" Lalu apa nikmat Allah atas sejak ia masih kecil? "

Imam al-Lalika`iy meriwayatkan di dalam kitabnya Syarh as-Sunnah dan Ghanjar di dalam kitabnya Taariikh Bukhaara mengisahkan sebagai berikut:

”Sejak kecil Imam al-Bukhary kehilangan penglihatan pada kedua matanya alis buta. Suatu malam di dalam mimpi, ibunya melihat Nabi Allah, al-Khalil, Ibrahim 'alaihis salam yang berkata kepadanya, ‘Wahai wanita, Allah telah mengembalikan penglihatan anakmu karena begitu banyaknya kamu berdoa.” Pada pagi harinya, ia melihat anaknya dan ternyata benar, Allah telah mengembalikan penglihatannya.
(Asy-Syifa` Ba’da Al-Maradh karya Ibrahim bin ‘Abdullah al-Hazimy sebagai yang dinukilnya dari kitab Hadyu as-Saary Fi Muqaddimah Shahih al-Buukhary karya al-Hafizh Ibn Hajar al-‘Asqalany, www.alsofwah.or.id)

Hal di atas menunjukkan benarnya sabda Rasul kita shallallahu 'alaihi wa sallam akan manjurnya do'a orang tua pada anaknya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْوَالِدِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa orang yang bepergian (safar) dan doa orang yang dizholimi.(HR. Abu Daud no. 1536. Syaikh Al Albani katakan bahwa hadits ini hasan)

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ لاَ تُرَدُّ دَعْوَةُ الْوَالِدِ ، وَدَعْوَةُ الصَّائِمِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ

Tiga doa yang tidak tertolak yaitu doa orang tua, doa orang yang berpuasa dan doa seorang musafir.(HR. Al Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini shahih sebagaimana dalam As Silsilah Ash Shahihah no. 1797)

Dalam dua hadits ini disebutkan umum, artinya mencakup doa orang tua yang berisi kebaikan atau kejelekan pada anaknya.

Juga dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ يُسْتَجَابُ لَهُنَّ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ لِوَلَدِهِ

Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang yang dizholimi, doa orang yang bepergian (safar) dan doa baik orang tua pada anaknya.(HR. Ibnu Majah no. 3862. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Riwayat ini menyebutkan bahwa doa baik orang tua pada anaknya termasuk doa yang mustajab.

Semoga setiap orang tua tidak melupakan doa untuk anaknya dalam kebaikan. Semoga Allah pun memperkenankan do'a kebaikan kita pada anak-anak kita. Semoga mereka menjadi anak yang sholeh nantinya dan berbakti pada ortu serta bermanfaat untuk Islam.

Selesai ditulis di Surabaya, pada 4 April 2012
Oleh Supriyono
Dikutip dari buah karya Ummul Hamam, Riyadh KSA

9 komentar:

  1. Bagus sekali mas bro... Aku tak njaluk dungo ibuq... ben menang lomba hehehehe.... makasih

    BalasHapus
  2. semoga kita juga tidak lupa mendoakan orang tua kita.. amiiin:D
    *nice post

    BalasHapus
  3. @All: Semoga kita termasuk anak yang shaleh yang selalu mendoakan kebaikan untuk kedua orang tua kita :-)

    BalasHapus
  4. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi
    kesuksesan tidak akan mendatangi anda, kecuali anda mengejarnya.,.
    si tunggu kunjungan baliknya gan.,

    BalasHapus
  5. Mengingatkan aku lagi pada semua yg terjadi padaku.. semakin membuat aku sadar akan jasa orangtua dalam hidup kita, terutama IBU. Bahkan hingga detik ini.. Terimakasih Ibu dan Bapakku.. semoga ALLAH SWT Membalas semua ketulusanmu, keiklasanmu saat merawat dan mendidik anak-anakmu untuk mengarungi kehidupan fana ini, aamiin....

    -terimakasih mas Suproyono...

    BalasHapus
  6. @Muhtar Yahya: Alhamdulillah.. Kita doakan orang tua kita masing2 agar dimudahkan memperoleh jalan yang lurus :-)

    BalasHapus
  7. Ridho Allah tergantung ridho orang tua dan murka Allah tergantung murka orang tua.kalo kita ingin tau seberapa besar ridho Allah kepada kita maka lihat seberapa besar kasih sayang orang tua kpd kita demikian pula sebaliknya.wallahu'alam

    BalasHapus
  8. Anonim: Benar sekali. Semoga kita senantiasa dimudahkan untuk berbakti kepada kedua orang tua.

    BalasHapus

Jazakumullah khoir