Minggu, 02 Januari 2011

Penulis Website Mata Air Sunnah

Pemilik website ini adalah Supriyono Alfarhan, putra kelahiran Jombang, Jawa Timur, tumbuh besar di Jombang pula. Putra ketiga dari Soenoto (ayah) dan Dartati (ibu). Kakak pertama saya Bernama Djoko Supriyatno, kakak kedua saya bernama Heru Sukamto. MATA AIR SUNNAH adalah website pribadi saya. Website ini mulai dibuat pada 2 Januari 2011. Website ini berisi tulisan-tulisan saya maupun para ustad yang sengaja saya kutip tanpa meninggalkan keilmiahannya.

Jalan Hidup Mempelajari Islam Lebih Dekat

Hati ini mulai terbetik mempelajari Islam lebih mendalam adalah sejak duduk di bangku kuliah. Di tahun 2009, dari negeri tercinta ini, alhamdulillah berkat nikmat Allah saya diterima di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Jurusan Teknik Kimia. Kemudian pada tahun 2013-2015 saya menempuh studi S-2 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Jurusan Teknik Kimia juga. Alhamdulillah sekarang saya diberikan rizki oleh Allah menjadi dosen tetap Jurusan Teknik Kimia di Universitas Brawijaya, Malang.

Dahulu saya bukanlah orang yang pandai dalam masalah agama, bahkan sangat jauh dari Islam. Sejak di bangku kuliah inilah Allah memberi petunjuk untuk mulai mempelajari Islam. Awalnya mulai dari menghadiri beberapa kajian di Masjid Kampus ITS, juga mengikuti beberapa kajian salaf di masjid-masjid sekitar ITS. Saya sangat bersyukur sekali karena di surabaya saya mempunyai sahabat yang sering mengingatkan saya ketika futur. Mereka adalah para sahabat saya dari mahad Thaybah, mahad yang mana saya pernah menimba ilmu dengan menghadiri kajian disana. Kitab yang pertama saya pelajari adalah kitab Awa'iq Ath-tholab (tentang adab-adab menuntut ilmu), karya Asy-syaikh Abdussalam bin Barjas, dan kitab-kitab tentang adab menuntut ilmu lainnya yaitu Ta'lim Muta'alim, karya Asy-syaikh Az-Zarnuji. Kemudian saya menimba ilmu tauhid kepada Ustad Abdurrahman Thoyyib (dari ma'had Ali bin Abi Thalib Surabaya). Diantara kitab yang dijelaskan beliau adalah Qurratul 'Uyun Al-Muwahidin (syarah kitabut tauhid), yang ditulis oleh asy-Syaikh Abdurrahman bin Hasan bin Muhammad bin Abdul Wahab. Saya juga menimba ilmu fiqh kepada Ustad Ma'ruf Nur Salam. Diantara kitab yang dijelaskan beliau adalah Syarah Riyadus Shalihkhin yang ditulis oleh asy-Syaikh Salim bin 'Ied al-Hilali. Selain itu saya menghadiri beberapa kajian salaf. Diantara ustadnya adalah Ustad Abdullah Taslim, Abdul Hakim Amir Abdat, Abu Zubair, Ubaidah, Dzulqornain, dsb. Ketika di Malang saya memperdalam ilmu agama saya dengan mengikuti kajian rutin di masjid Abu Dzar Al-Ghifari, dan juga di beberapa masjid di kota yang berhawa sejuk ini.

Pada saat ini, saya masih sangat perlu untuk terus belajar dan terus mendalami ilmu syar’i. Selain dari majelis ilmu, saya banyak sekali mendapatkan faedah dengan menulis di website pribadi ini. Semoga website ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Semoga Allah memberikan balasan kepada guru-guru saya yang telah meluangkan waktu untuk memberikan ilmu yang bermanfaat.

Profil : 
  • Nama lengkap : Supriyono
  • Nama Penulis : Supriyono Alfarhan
  • Tempat/Tanggal Lahir : Jombang, 25 April 1991 
  • Alamat : Jl. Teratai gang 2, no.5 desa Candimulyo, Jombang, Jawa Timur, kode pos 61413
  • Pekerjaan : Dosen di Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya
Pendidikan Formal : 
  • SDN Candimulyo 3 Jombang 
  • SMPN 2 Jombang 
  • SMAN 2 Jombang 
  • S1 Teknik Kimia FTI-ITS 
  • S2 Teknik Kimia FTI-ITS
Pendidikan Informal :
  • Remaja Masjid Mifatkhul Abror, Jombang (2007 - 2009)
  • Jama'ah Ta'lim Masjid Al-Amin, Semampir Tengah, Surabaya (2010 - 2016)
  • Jama'ah Ta'lim Mahad Thaybah Putra, Surabaya (2010 - 2013)
  • Jama'ah Ta'lim Masjid Jami' Al-Umm, Masjid An-Nur, Masjid Abu Dzar Al-Ghifari, Masjid Qolbun Salim, Malang (2016 - Sekarang)
Kesibukan : 
  • Belajar ilmu agama islam (bermajelis ta'lim dan membaca buku)
  • Menulis Buku, menulis jurnal ilmiah, menulis islami artikel di www.alfarhanmuslim.net ; menulis artikel pengajaran teknik kimia di www.ilmuwantekkim.lecture.ub.ac.id
  • Mengajar di Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya
  • Aktif pada pembinaan mahasiswa Jurusan Teknik Kimia, Universitas Brawijaya
--------------------------------
Selesai diupdate di Malang, pada 8 Februari 2017
oleh Supriyono Alfarhan
--------------------------------

18 komentar:

  1. admin blog www.almadinahpekanbaru.wordpress.com dan www.catatanaqilazizi.wordpress.com sedang melakukan sidak. tafadhol yaa akhi banner dua blog ana tersebut dipasang disini.

    BalasHapus
  2. Banner blog antum sudah ane pasang di banner sahabat. Semoga amal antum berdakwah lewat tulisan di blog diterima oleh Allah ta'ala dengan senantiasa ikhlas dan ditunjukan jalan yang lurus. Syukron.

    BalasHapus
  3. السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

    BalasHapus
    Balasan
    1. وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

      Hapus
  4. @ Abu Hanifah Alim Al-bantuli : Wa'alaykumsalam. Tulisannya bagus akhy. . Mantab.. :-)

    BalasHapus
  5. Kunjungi blog lain saya di http://saintis-muslim.blogspot.com/
    ILMUAN MUSLIM
    Mengkaji kebenaran Al-Qur'an dan sunnah dari sisi sains dan matematika

    BalasHapus
  6. bagus ya blognya... terus menulis ya

    salam

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaykum..
    Semoga istiqomah ya akhy..
    Teruskan perjuangan antum . .

    BalasHapus
  8. @ KINI : Wa'alaykumsalam.. Semoga kita selalu dimudahkan jalan agar tetap istiqomah :-)

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum. wahh isi blognya bagus sekali. saya suka. lumayan buat ningkatin pengentahuan saya tentang islam dan bisa juga buat bahan dakwah.

    semoga kita tetap istiqomah dalam berdakwah. fastabikhul khairat! :)

    BalasHapus
  10. @ Hida Usagi: Wa'alaykumsalam.. Aamiin. Waiyakum

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum Mas .
    Salam kenal , saya Adam anak SMAN 2 Jombang .

    BalasHapus
  12. Wa'alaykumsalam
    Salam kenal juga.. Saya Supriyono. alumni SMAN 2 Jombang

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah masih ada dosen bidang eksak yang tak lupa menuntut ilmu untuk akhirat juga. Semoga menjadi motivasi untuk mahasiswanya. Barokallah

    BalasHapus
  14. Mantab Pak Supri. Semoga menjadi amal jariah dan menjadi penyemangat bagi mahasiswanya untuk belajar agama. Aamiin

    BalasHapus
  15. Semoga Akhi Mubarak dan Tekkim 2016 dimudahkan dalam mendalami agama islam. Manfaat ilmunya di dunia dan di akhirat.
    ﺍﻣﻴﻦ ﻳﺎ ﻣﺠﻴﺐ ﺍﻟﺴﺎﺋﻠﻴﻦ

    BalasHapus

Jazakumullah khoir

Arsip Artikel